Banyak penyebab mengapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya, pendek. Namun, penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Penanganan dilakukan oleh dokter berdasarkan penyebabnya.

a)      Fungsi Hormon Terganggu
Haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.


b)      Kelainan Sistemik
Ada seseorang yang tubuhnya sangat gemuk atau kurus. Hal ini bisa memengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik. Atau menderita penyakit diabetes, juga akan memengaruhi sistem metabolisme  sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
c)      Stres
Stres bukan hal yang remeh, sebab akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, seseorang jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
d)     Kelenjar Gondok
Terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipotiroid). Pasalnya, sistem hormonal tubuh ikut terganggu.
e)      Hormon Prolaktin Berlebihan
Pada ibu menyusui, produksi hormon prolaktinnya cukup tinggi. Hormon prolaktin ini sering kali membuat ibu tak kunjung haid karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan ibu. Pada kasus ini tak masalah, justru sangat baik untuk memberikan kesempatan pada ibu guna memelihara organ reproduksinya. Sebaliknya, jika tidak sedang menyusui, hormon prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.
Kondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi dan kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap jadi lebih cepat atau lambatnya siklus haid bisa berbeda-beda untuk tiap individunya. Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah. Kelelahan fisik dan mental bisa mempengaruhi siklus haid.
f)       Pola Aktivitas Fisik
Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres.
Pola hidup sehat, cukupkan kebutuhan istirahat untuk tubuh dan pikiran, kurangi keletihan yang bisa mengundang rasa stres, dan perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin E (seperti kecambah) bisa membantu keseimbangan sistem tubuh, dan juga membantu kelancaran siklus haid untuk kaum wanita. Jangan sekali-kali melakukan terapi hormon estrogen langsung, karena lama kelamaan bisa menyebabkan kanker (seperti pada payudara). Menyelesaikan satu masalah dengan mendatangkan masalah baru itu sama saja tidak benar.
g)      Pola Makan/ Diet
Diet berlebihan dan obesitas juga kerap mengacaukan periode haid. Karena itulah perlu dilakukan pemeriksaan cermat, bisa jadi berat badan yang naik turun bisa mempengaruhi siklus haid pada perempuan.


- Bila berat badan naik > 5 kg secara drastis
Dampak: Kemungkinan masa haid lebih lama dan darah yang keluar lebih banyak, karena ketidakseimbangan hormon  akibat perubahan metabolism.
Solusi: Lakukan aerobik selama 20 menit, tiga kali seminggu, agar siklus haid Anda kembali teratur


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Mw nnya nich klo mslkan kta tlat 2 mnggu lbih dtang blnnya ni bgi yg blm nkah,msh nrmal g ea??

Unknown mengatakan...

terima kasih komentarnya..
sebenarnya siklus menstruasi itu bisa berubah-ubah, kalo tlat 2 minggu lebih itu tidak apa2 selama itu tidak terus-terusan dan tidak mengganggu. jika terus-menerus seperti itu segera ubah pola hidup anda menjadi lebih sehat.

Nia mengatakan...

Selamat sore. Saya seorang mahasiswi. Saya ingin menanyakan masalah siklus mesntruasi yang mendadak tidak teratur. Sebelumnya saya hanya telat menstruasi 1-5hari, dan kadang saya berfikir itu sedikit wajar. Tapi bulan ini saya sudah telat 7hari dari tanggal sebelumnya dibulan lalu. Biasanya kalau sudah telat menstruasi saya langsung ke bawa fikiran, kenapa bisa telat? Ada apa?
Saya tidak pernah berhubungan badan. Namun akhir-akhir ini tugas kuliah membuat saya capek dan terkadang merasa stres menghadapi perkuliahan. Pertanyaan saya, apa faktor yg paling mempengaruhi saya belum menstruasi sampai sudah telat selama 7hari? Dan apa yg harus saya lakukan agar siklus menstruasi saya kembali teratur? Terimasih

Bidan Baiq. Diberdayakan oleh Blogger.