Banyak Zat Berbahaya Beredar Di Produk Perawatan Bayi
Surat kabar The Washington Post melansir tentang adanya zat berbahaya berbahaya bagi kesehatan yang terkandung dalam setengah lebih produk shampoo khusus anak yang beredar di pasaran.
Washington Post mengutip dari hasil survei yang dilakukan oleh sebuah laboratorium medis, dan hasilnya mengkonfirmasikan adanya jejak bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dalam produk perusahaan terkenal khusus anak-anak, seperti Alformalheid dan dioxin yang menyebabkan timbulnya sel kanker.
Awal tahun ini perusahaan khusus produk anak tersebut mengumumkan telah menghapus banyak bahan kimia dari produk-produk perawatan bayi yang tidak menyebabkan pedih di mata, busa sabun  dan bahkan wewangian yang digunakan untuk kulit bayi dari produk mereka. Washington Post memperingatkan para orang tua untuk lebih berhati-hati dengan keamanan produk perawatan anak mereka.
Sebelum membeli produk perawatan bayi, ada baiknya meneliti label untuk memastikan produk tersebut benar-benar aman. Berikut adalah daftar bahan berbahaya yang bisa jadi ada di produk perawatan bayi :
Hydrogenated Cottonseed Oil
Kendati terdengar alami, cottonseed oil yang dibuat dari biji kapas, sebenarnya mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, arsenik, timbal dan pestisida. Semua itu, menurut Environmental Working Group, masuk ke dalam biji kapas selama penanaman, dimana petani menggunakan pestisida dan bahan kimia lain untuk membasmi hama. 
Sodium Stearoyl Lactylate
Hati-hati jika Anda membaca bahan ini di label produk. Kendati berasal dari minyak sayur konvensional seperti kacang kedelai atau kelapa sawit, sodium stearoyl lactylate dicurigai sebagai pemicu iritasi pada kulit yang menyebabkan kulit bayi kemerahan dan gatal jika terlalu sering digunakan. 
Benzoic Acid
Dalam beberapa tes, Benzoic Acid atau Asam Benzoat memang terbukti aman dalam standar industri, namun ternyata jika bersentuhan dengan kulit bayi, asam benzoat ini bisa menyebabkan alergi dan iritasi. Selain itu, jika terlalu lama disimpan, asam benzoat bisa berubah menjadi benzene yang bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. 
Cetearyl Alcohol
Environmental Working Group menetapkan cetearyl alcohol sebagai bahan iritan. Selain itu, bila terhirup atau terkena mata, cetearyl alcohol juga bisa membahayakan. 
Parfum
Wangi tubuh bayi yang beraroma bedak dan susu memang menyenangkan, tapi jika ingin memberi bayi Anda wewangian lain sebaiknya pilih yang benar-benar alami, seperti dari bunga. Pasalnya, penggunaan sembarang parfum pada bayi juga bisa mengakibatkan alergi, dermatitis, serta gangguan pernafasan.

Sumber: www.eramuslim.com dan www.life.viva.co.id

Baca juga artikel terkait :

0 komentar:

Bidan Baiq. Diberdayakan oleh Blogger.