Pemberian bedak pada bayi



Pemberian Bedak Pada Bayi
            Memberikan bedak pada bayi merupakan hal yang biasa di kalangan masyarakat dan tentunya sudah menjadi tradisi bagi bayi untuk diberikan bedak baik itu setelah mandi, setelah buang air besar dan buang air kecil. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana seharusnya perawatan bayi yang benar khususnya dalam pemberian bedak pada bayi. Kebiasaan itu merupakan kebiasaan lama yang banyak orang tua masih melakukan kebiasaan terhadap bayinya, salah satu contohnya adalah pemberian bedak tabur pada Bayi Baru Lahir.
Saat ini perlu diketahui, sebaiknya tidak perlu memberikan bedak tabur ke seluruh tubuh bayi seusai mandi. Sebenarnya resiko serbuk halus terhirup bayi kemudian masuk paru -paru sehingga hal tersebut bisa mengganggu pernafasan bayi. Namun apabila ingin memberi bedak pada bayi, maka sebaiknya gunakan spon lembut dan cukup hanya di tempelkan tipis-tipis pada lipatan paha, lipatan bawah lutut, tangan, ketiak, dan leher untuk menghindari iritasi atau biang keringat.
Banyak kebiasaan yang kurang baik masih diaplikasikan seperti menabur bedak setelah bayi buang air kecil dan besar pada lipatan kelamin dan pantat. Menabur bedak sudah tidak disarankan, karena hal ini bisa menumpuk kotoran pada daerah alat kelamin bayi yang bercampur dengan keringat yang mana bisa menimbulkan lecet atau iritasi pada kulit bayi. Pori-pori kulit bayi masih sangat rentan dan juga sensitif, oleh karena itu diperlukan sirkulasi udara terutama di daerah lipatan, pantat, dan kelaminnya agar tidak menimbulkan ruam dan kemerahan. Setiap bayi melakukan buang air kecil atau buang air besar, maka cukup bersihkan area tersebut dengan kapas yang dibasahi air hangat, kemudian keringkan dengan handuk lembut. Jangan menabur bedak, apabila ingin, cukup ditempel tipis-tipis menggunakan spon untuk menjaga agar kulit bayi tidak lembab. Maka kulit bayi akan tetap terjaga, bersih, dan sehat.
             Selain itu, dalam pemberian bedak pada bayi tidak boleh sembarang memilih bedak karena bisa saja bayi alergi terhadap kandungan yang ada pada bedaknya. Oleh karena itu pilih bedak yang sesuai untuk kulit bayi, jika tubuh bayi tampak kemerahan setelah memakai bedak segera ganti dengan bedak yang lain/bedak cair.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi dalam perawatan bayi sehari-hari. Terima kasih.
Baca juga artikel terkait lainnya :

0 komentar:

Bidan Baiq. Diberdayakan oleh Blogger.