Sekelompok penyakit yang disebabkan oleh infeksi berbagai jenis mikroorganisme (virus, bakteri,protozoa dan jamur) yang menimbulkan gejala klinik utama di saluran kemih dan reproduksi (maupun sistemik) dan jalur penularannya melalui hubungan seksual.
       Wanita termasuk yang sedang hamil, merupakan kelompok resiko tinggi terhadap PMS. Penelitian di Surabaya menyebutkan angka kejadian PMS pada ibu hamil adalah 19,2%. Angka kejadian PMS psda ibu hamil yang melakukan asuhan antenatal di RS. Dr.Cipto Mangunkusumo (1998) adalah 16,1% untuk kandidiasis vaginalis, 4,2% infeksi klamidia dan 1,2% trikomoniasis.
       Penyakit menular seksual dapat menimbulkan morbiditas dan mortalitas terhadap ibu, maupun bayi yang dikandung/dilahirkannya.

Masalah PMS pada kehamilan
~ Resiko tinggi dan infeksi PMS pada wanita hamil
~ PMS merupakan penyulit tambahan dalam kehamilan

Penanganan umum
- Tingkatkan upaya pencegahan dan konseling PMS terhadap wanita hamil pafa khususnya (resiko tinggi, kontak seksual, pengenalan diri).
- Sosialisasi resiko PMS terhadap ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.
- Perlindungan terhadap resiko penularan pasangan
- Strategi penemuan diri melalui penapisan antenatal atau pemeriksaan ruti
- Terapi pali g efektif dengan risiko yang paling minimal.

       Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi dalam upaya penanganan penyakit menular seksual pada kehamilan. Terima kasih ^_^

0 komentar:

Bidan Baiq. Diberdayakan oleh Blogger.