https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ1aeqh0BUfNLFYEOtC3XMmt5tcAKyl3rWG5-zF13fWEL2Xmlvi6_6WqEo         HAL YANG PERLU DIKETAHUI DALAM PENGGUNAAN KB PIL
Ada banyak hal uang harus diketahui oelah para pengguna kontrasepsi (KB) PIL, diantaranya:

HAL PENTING YANG HARUS DIKETAHUI DAN DIINGAT PENGGUNA KB PIL
  1. Minum pil setiap hari pada saat yang sama
  2.  Minum pil yang pertama pada hari pertama haid 
  3.  Bila klien muntah dalam waktu 2 jam setelah menggunakan pil, minumlah pil yang lain, atau gunakan metode kontrasepsi lain bila klien berniat melakukan hubungan seksual pada 48 jam berikutnya.
  4. Bila klien menggunakan pil terlambat lebih dari 3 jam, minumlah pil tersebut begitu klien ingat. Gunakan metode pelindung selama 24 jam, bisa menggunakan kondom bila ingin berhubungan.
  5.  Bila klien lupa 1 atau 2 pil, minumlah segera pil yang terlupa tersebut sesegera klien ingat dan gunakan metode pelindung sampai akhir bulan.Walaupun klien belum haid, mulailah paket baru sehari setelah paket terakhir habis. 
  6.  Bila haid klien teratur setiap bulan dan kemudian kehilangan 1 siklus (tidak haid), atau bila merasa hamil, temui petugas klinik klien untuk memeriksa uji kehamilan.
INFORMASI LAIN YANG PERLU DIKETAHUI
·         Terjadinya perubahan pola haid merupakan hal yang sering ditemukan selama menggunanakan pil, terutma pada 2 atau 3 bulan pertama. Perubahan pola haid tersebut umumnya bersifat sementara dan tidak sampai mengganggu kesehatan.
·          Kadang-kadang akan timbul efek samping berupa peningkatan berat badan, sakit kepala ringan, dan nyeri payudara. Semua efek samping ini tidak berbahaya dan biasanya hilang dengan sendirinya.
·            Obat-obat tertentu seperti obat untuk tuberculosis (rifampisin) dan beberapa obat epilepsi dapat mengurangi efektifitas minipil. Minipil tidak dapat mencegah terjadinya infeksi menular seksual, termasuk AIDS. Bila pasangannya memiliki resiko, kondom perlu digunakan.
      PERINGATAN UNTUK MENGGUNAKAN PIL
  1. ·     Bila beberapa bulan mengalami haid teratur dan kemudian terlambat haid, perlu dipikirkan kemungkinan terjadi kehamilan.
  2.  . Bila mengeluh perdarahan bercak yang disertai dengan nyeri perut hebat, maka yang pertama kali dipikirkan adalah kemungkinan terjadi kehamilan ektopik, segera periksakan ke dokter atau petugas kesehatan.
  3.   Problem mata (kehilangan penglihatan atau kabur) nyeri kepala hebat maka perlu dipikirkan kemungkinkan terjadi hipertensi atau problem vascular.


        Semoga artikel ini bermanfaat sebagai informasi dalam melancarkan penggunaan KB PIL bagi pengguna dan akseptornya. Terima kasih.

      Baca juga:
      Jenis-jenis alat kontrasepsi

0 komentar:

Bidan Baiq. Diberdayakan oleh Blogger.